what's progressive web app?



Progressive Web App (PWA) adalah aplikasi web yang menggunakan kemampuan web modern untuk memberikan pengalaman seperti aplikasi kepada pengguna. Aplikasi ini memenuhi persyaratan tertentu (lihat di bawah), digunakan untuk server, dapat diakses melalui URL, dan diindeks oleh mesin pencari.
Ini dapat bekerja bersamaan dengan Capacitor untuk menyediakan beberapa target penggunaan untuk semua pengguna Anda. Anda dapat menggunakan aplikasi Anda sebagai PWA serta aplikasi Asli dan memanfaatkan kedua saluran.
Ionic memungkinkan Anda untuk mengirimkan aplikasi Anda tidak hanya ke app store, tetapi juga menyebar ke web seluler sebagai PWA.

Apa yang dibutuhkan

Untuk dianggap sebagai Aplikasi Web Progresif, aplikasi Anda harus:
  • Progresif - Berfungsi untuk setiap pengguna, terlepas dari pilihan browser, karena mereka dibangun dengan peningkatan progresif sebagai prinsip inti.
  • Responsif - Pas dengan segala faktor bentuk, desktop, seluler, tablet, atau apa pun yang berikutnya.
  • Konektivitas independen - Ditingkatkan dengan pekerja layanan untuk bekerja offline atau pada jaringan berkualitas rendah.
  • Seperti aplikasi - Gunakan model shell aplikasi untuk menyediakan navigasi dan interaksi gaya aplikasi.
  • Segar - Selalu terbarui berkat proses pembaruan pekerja layanan.
  • Aman - Dilayani melalui HTTPS untuk mencegah pengintaian dan memastikan konten belum dirusak.
  • Dapat ditemukan - Dapat diidentifikasi sebagai "aplikasi" berkat manifes W3C dan ruang lingkup pendaftaran pekerja layanan yang memungkinkan mesin pencari untuk menemukannya.
  • Re-engagementable - Membuat keterlibatan ulang mudah melalui fitur seperti pemberitahuan push.
  • Installable - Memungkinkan pengguna untuk "menyimpan" aplikasi yang mereka temukan paling berguna di layar beranda mereka tanpa kerumitan dari toko aplikasi.
  • Tautan - Mudah dibagikan melalui URL dan tidak memerlukan instalasi yang rumit.

Ada banyak di sini, tetapi bermuara pada beberapa poin untuk aplikasi Ionic.

Dukungan Offline

Aplikasi harus dapat bekerja offline. Baik itu menampilkan pesan "offline" yang tepat atau caching data aplikasi untuk tujuan tampilan.

Manifes Aplikasi Web

File manifes aplikasi harus menjelaskan sumber daya yang dibutuhkan aplikasi Anda. Ini termasuk nama, ikon, dan splash screen aplikasi yang ditampilkan. Jika Anda menautkan ke file manifes di index.html Anda, browser akan mendeteksi itu dan memuat sumber daya untuk Anda.

Pekerja Servis

Pekerja layanan dapat disebutkan dalam Dukungan Offline, tetapi sangat layak untuk bagiannya sendiri. Pekerja layanan menyediakan cara terprogram untuk menyimpan sumber daya aplikasi. Baik itu file JavaScript atau data JSON dari permintaan HTTP. API terprogram memungkinkan pengembang untuk memutuskan bagaimana menangani caching dan memberikan pengalaman yang jauh lebih fleksibel daripada opsi lain.